Teknik Masking di Ps (Photoshop)


Dalam postingan saya kali ini akan membahas teknik masking dan bagaimana cara melakukannya. Aplikasi Adobe Photoshop yang saya gunakan adalah Adobe Photoshop Cs6, akan ada feature yang sedikit berbeda jika kalian menggunakan Cs3, Cs5 dan Cs6. Khusus untuk Cs5 dengan Cs6 mungkin tidak ada perbedaan feature yang signifikan, namun untuk Cs3 akan ada sedikit perbedaan. Begitupun juga jika kalian menggunakan Adobe Photoshop yang versi CC. Saya pribadi pernah mencoba menggunakan aplikasi itu dan memang ada beberapa feature yang memudahkan pengguna.

Baik, saya akan memulai membahas mengenai teknik masking di Ps (Adobe Photoshop). Teknik masking adalah teknik yang sering digunakan, karena dalam pembuatan banner, desain id card, dan desain struktur seperti yang saya buat, teknik ini memiliki manfaat dan keuntungan khusus. Desain banner, id card, dan struktur yang mempunyai komponen foto yang dikombinasikan dengan background dapat menggunakan teknik masking untuk mengurangi kerusakan foto yang di-edit. Selain itu menggunakan teknik masking dapat merubah atau meng-edit ulang komponen foto yang telah di-masking, sehingga sangat berguna bagi desainer banner atau id card yang terkadang dalam mengerjakan project dari klien memberikan perubahan seperti revisi.

Selanjutnya, saya akan membuat tutorial melakukan teknik masking. Project desain yang saya gunakan adalah desain templet struktur organisasi. Jika kalian belum memiliki project tersebut kalian dapat men-download-nya di postingan ini https://naufalseptian20.blogspot.co.id/2017/09/berikut-adalah-contoh-desain-struktur.html. Kalian juga bisa mempraktekannya tanpa perlu men-download project tersebut. Tapi jika kalian masih pemula dalam desain, saya menganjurkan untuk men-download-nya sehingga anda dapat dengan muda mengikuti proses tutorial ini dengan mudah.

Langkah pertama buka Photoshop


Kalian bisa lihat menu layer yang berada di pojok kanan bawah .


Klik folder "Ketua" dalam menu layer. Selanjutnya klik gambar segitiga yang berada disamping kiri folder.


Hasilnya akan menjadi seperti ini.


Berikut adalah contoh bentuk foto yang sudah di-masking. Selanjutnya kita akan mencoba membuat layer masking dari foto yang akan kalian import.


Import foto yang akan kalian masking. Caranya mudah, jika kalian menggunakan Ps Cs6, Cs5, Cs3 kalian hanya perlu men-drag file foto ke halaman kerja kalian. Namun, untuk yang menggunakan Cs2 kalian harus melakukannya import secara manual.


Selanjutnya kita atur ukuran foto yang sudah kita import. Tekan tombol Ctrl+T. Setelahnya kita akan mengatur ukuran foto. Tekan tombol Shift+Alt sambil mengatur ukuran foto. Hal ini dilakukan agar pergeseran ukuran gambar antara sisi kanan dan kiri seimbang.


Langkah selanjutnya pastikan layer foto "Ketua DMF" atau foto yang kalian import berada di atas layer Ellipse. Lakukan seleksi pada background foto. Tekan tombol W pada keyboard, kemudian klik pada area di luar foto objek. Hasilnya akan seperti pada gambar dibawah ini.


Kalian juga bisa mengatur tingkat toleransi seleksi pada menu bar diatas. Saya menggunakan tingkat toleransi sebesar  60, namun untuk beberapa foto yang akan diseleksi membutuhkan pemilihan toleransi yang berbeda-beda, bahkan untuk beberapa kasus background yang tidak polos satu warna atau memiliki corak membutuhkan teknik seleksi manual menggunakan pen tools. Saya sarankan untuk anda yang pemula menggunakan atau mencari contoh foto yang memiliki background polos satu warna, atau jika anda akan membuat desain struktur organisasi sebaiknya anda menyediakan bahan mentah foto anggota anda dengan background polos satu warna.


Setelah menyeleksi area diluar objek foto, jangan lupa merubah format layer menjadi Rasterize Layer. Caranya klik kanan layer foto dan pilih Rasterize Layer.
 

Tekan tombol Delete pada keyboard untuk menghapus area diluar objek foto. Tekan tombol Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi.


Selanjutnya klik kanan pada layer foto "Ketua DMF" atau foto yang kalian gunakan. Klik kanan dan pilih Create Clipping Mask. Hasilnya masking akan seperti pada gambar dibawah. Kalian bisa mengatur ukuran foto sesuai dengan keinginan kalian.


Berikut adalah hasil setelah saya sesuaikan ukuran layer foto yang sudah di-masking.


Terima kasih untuk kalian yang sudah mengunjungi blog saya. Semoga posting mengenai teknik masking dapat bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa berikan komentar, kritik dan saran di kolom komentar. Semoga untuk seterusnya kalian akan terus kembali mengunjungi blog ini.

Comments

Popular Posts